0
616

Dapat Lampu Hijau, Jorge Akan Turun Balapan

GILAMOTOR.com – Setelah melewati sesi pemanasan dan pemeriksaan terakhir oleh tim medis, Jorge Lorenzo dapat lampu hijau untuk ikut balapan MotoGP seri ketujuh di Assen, Belanda, Sabtu (29/6) sore ini waktu Indonesia.

Lorenzo mengalami patah tulang selangka kiri akibat kecelakaan keras saat sesi latihan bebas kedua. Setelah melakukan pemeriksaan di medical center sirkuit Assen, Jorge diterbangkan ke Barcelona untuk menjalani operasi di rumah sakit General de Catalunya. Tim dokter yang melakukan operasi memasangkan dua plat titamium dan delapan baut pada patahan tulang selangka kirinya.

Sebelumnya dia dipastikan tidak akan ikut balapan di seri ini. Namun sesaat sebelum sesi pemanasan tadi, Jorge datang ke sirkuit Assen untuk mengikuti sesi pemanasan. Setelah memalui serangkaian pemeriksaan, Jorge diizinkan untuk ikut sesi itu. Di sesi pemanasan, Jorge menempati posisi kedelapan.

Setelah mengikuti sesi pemanasan, Jorge kembali mengikuti serangkaian pemeriksaan oleh tim medis untuk mengetahui kondisinya, apakah dia bisa mengikuti balapan atau tidak.

Meski dia tak mengikuti sesi kualifikasi, tapi Jorge dizinkan mengikuti balapan dan akan memulai balapan dari posisi keduabelas. Hal itu karena catatan waktunya di latihan bebas hari Jum’at kemarin cukup cepat.

“Yaa.. Akhirnya kami ada di sini, untuk balapan,” ucap Lorenzo. “Di lap pertama saat sesi pemanasan aku merasa kesakitan, khususnya ketikan motor berakselerasi dan aku menahan dengan kuat. Aku berpikir untuk tidak melanjutkan, tapi untungnya aku melanjutkan dan rasa sakit mulai berkurang perlahan saat aku membuat banyak laps.”

“Akan ada masalah di balapan saat aku harus melewati di titik pengereman karena aku tak bisa mengangkat bahu terlalu tinggi. Aku punya ritme yang bagus dan merasa lebih baik di tikungan, tapi jelas sangat buruk dibanding hari Kamis.

“Bagaimana pun, kami telah memutuska untuk balapan. Bisa menyelesaikan balapan itu akan menjadi kemenangan kecil untuk ku tapi aku akan merebut setidaknya lima poin atau lebih.”

“Di akhir balapan kami akan melihat bahwa itu cukup berharga. Aku bangga pada diriku untuk usaha di dua hari yang buruk setelah kecelakaan dan juga pada tim ku untuk usaha mereka.”

Munculnya Lorenzo di Assen memunculkan spekulasi bahwa Yamaha memanfaatkan situasi ini untuk menggunakan mesin barunya dari lima mesin yang diizinkan untu satu musim  ini.

Biar bagaimana pun, hari ini Jorge Lorenzo ada di balapan sesi ketujuh ini dan akan berusaha untuk meraih poin sebanyak mungkin yang iya bisa.