0
849

Patah Tulang Selangka Makin Parah, Lorenzo Sulit Kejar Gelar Juara

GILAMOTOR.com – Setelah 15 hari menjalani operasi tulang selangka kiri pasca mengalami kecelakaan keras di latihan bebas kedua di Sirkuit Assen, Belanda, Jorge Lorenzo harus kembali menjalani operasi di lokasi cedera yang sama.

Di latihan bebas kedua MotoGP Sachsenring, Lorenzo mengalami kecelakaan keras saat keluar dari tikungan 10. Dia terpental dari motornya dan mendarat keras ke aspal dengan bahu kiri menyentuh aspal lebih dulu. Lorenzo langsung dibawa ke medical center untuk menjalani pemeriksaan.

Dari hasil pemeriksaan dengan X-Ray, diketahui plat titanium untuk menyangga tulang selangka yang patah di dalam bahunya rusak. Dan keputusan operasi untuk memperbaikinya langsung diambil. Lorenzo pun diterbangkan kembali ke kampung halamannya di Spanyol untuk menjalani operasi kedua di rumah sakit Genaral de Catalunya.

Akibat kecelakaan keras di Sachsenring, kondisi tulang selangka Lorenzo semakin parah. “Akibat kecelakaan kemarin, patahan awal tulannya bergeser dan harus dioperasi untuk mendekatkan jarak dan memperkecil keretakan dengan metode osteosynthesis dan dengan plat baru,” jelas Dr. Joaquin Rodriguez.

Kalau sebelumnya plat ditanam dengan delapan skrup, plat baru membutuhkan sepuluh skrup, ditambah satu skrup di patahannya. “Kita perlu mengambil beberapa subtansi tulang dari panggul yang dicampur dengan tulang kering. Kami menempatkan implant ini ke tulang selangka untuk merangsang peciptaan kalus dan membantu mempercepat konsolidasi tulang,” papar Jaoquin.

Operasi itu berjalan lancar dan memakan waktu selama satu jam.

Kondisi itu jelas menjadi penghalang besar bagi Lorenzo merebut gelar juara dunia untuk ketiga kalinya bersama Yamaha. Terlebih, Lorenzo akan kehilangan dua seri, Sachsenring dan Laguna Seca.

Lorenzo tak mau ambil resiko lebih besar dan memilih kehilangan poin di dua balapan ketimbang mempertaruhkan keselamatannya.

Dia pun menjawab pertanyaan para penggemarnya yang menanyakan melalui twitter. Dia menjelaskan melalui akun twitternya bahwa dia akan melewati balapan di Laguna Seca dan akan kembali balapan di Indianapolis. “Untuk semua yang menanyakan ku tentang Laguna, aku ingin mengatakan bahwa aku tak mau ambil resiko lebih besar dan aku akan menjani pemulihan. Sampai jumpa di Indy.”