0
905

Kata Valentino Rossi: Sekarang Honda Lebih Maju Dari Yamaha

GILAMOTOR.com – Meski belum selesai, musim 2013 sepertinya bakal jadi milik Honda. Dua pembalapnya ada di posisi 1-2. Sementara Yamaha ada di 3-4-5 termasuk Cal Crutchlow. Di seri Brno, Marc Marquez dan Dani Pedrosa finish 1-2, Yamaha 3-4. Memang nggak sepenuhnya paket motor Yamaha kalah bagus dari Honda, soalnya gara-gara cedera, Lorenzo sempat absen dan tampil nggak 100% di beberapa balapan terakhir. Buktinya dia ketinggalan tipis dari Dani yang sama-sama sekali absen dan tampil nggak 100% gara-gara cedera. Kalau Marc memang pernah gagal dapat poin karen jatuh di Mugello, tapi kondisi fisiknya masih 100% di balapan selanjutnya.

Diakui Valentino Rossi, saat ini Honda MotoGP sudah lebih maju dari Yamaha. Honda memenangkan empat seri terakhir secara berurutan melalui Marc. Yamaha terakhir kali juara di Juni kemarin melalui Valentino Rossi di sirkuit Assen, Belanda. Selebihnya Yamaha nggak pernah menang lagi. Di beberapa sirkuit yang biasanya Honda kerepotan karena karakter sirkuit yang sulit, sekarang malah Yamaha yang tereliminasi dari sirkuit yang katanya cocok dengan karakter M1.

“Aku pikir sekarang Honda, lebih kuat dari [Yamaha] M1,” kata Rossi. Rossi juga bilang, sekarang nggak bisa lagi bilang kalau sirkuit ini atau itu adalah sirkuitnya tim pabrikan Honda atau Yamaha. Soalnya sekarang dua motor Honda sangat kuat dan dua pembalapnya juga sangat luarbiasa, khususnya Marc. “Jorge berusaha semaksimal mungkin di Brno, mencoba memulai balapan dengan 100% sejak awal lomba, tapi itu nggak cukup. Kami harus bekerja selangkah demi selangkah, dan juga di masa mendatang untuk meningkatkan performa M1,” papar Rossi.

Rossi mengakui kalau dia berjuang untuk ada di tiga besar, dan dia bilang kalau dia dan Yamaha masih mencari terobosan seting yang tokcer untuk memperkecil jarak dengan Honda. “Kami berusaha bekerja di sektor rem tapi itu tak bekerja, jadi aku pikir kami harus mengikuti cara lain.”

“Balapan memang lebih bagus dari Indy. Tapi aku mau yang lebih baik, kami harus berusaha bekerja lebih baik.”

“Tiga pembalap terdepan sangat mengesankan, sangat kuat, aku berharap aku tetap dekat dengan mereka. Sayangnya, aku lebih lambat 10 detik dan finish di posisi empat lagi. Tapi aku ingin tetap dekat dengan mereka. Kami berusaha untuk improve di beberapa balapan, tapi sepertinya itu nggak fantastis.”

Meski demikian, Rossi sebagai pemegang gelar 9 kali juara dunia mengaku nggak mau menyerah. Gengsi dong ahh kalau sampe nyerah. Doi dan tim akan berusaha untuk lebih baik. “Akhir pekan ini kami harus bekerja lebih baik.”