Photo: Autosport
0
1689

Tunggangan Terbaru di MotoGP Kurang Bertenaga, Aprilia Pilih Motor Lama

GILAMOTOR.com – Setelah duet pebalap tim MotoGP Aprilia, yakni Alvaro Bautista dan Marco Melandri mengeluhkan performa tunggangan mereka RS-GP versi terbaru yang kurang bertenaga, pabrikan motor asal Italia tersebut memilih mengembangkan versi lawasnya, RS-GP Step 1.

Seperti dilansir Crash.net, Aprilia yang belum merilis tim MotoGP mereka mengandalkan dua tipe RS-GP motor yang dikembangkan dari tunggangan ART MotoGP dari motor superbike jalanan, RSV4 untuk balap kategori Open Class tahun lalu.

Keduanya berjuluk Step-1 dan Step-2. Pengembangan yang dilakukan pada Step-2 terbilang cukup signifikan, termasuk pada sektor layout sasis hingga desain bodi.

Namun kedua pebalap yang pernah menguji Step-1 pada akhir tahun lalu justru lebih memilih versi lama ini yang cocok untuk diadu di ajang MotoGP musim 2015.

“Secara keseluruhan, motor Step-1 sangat baik. Oke, kami akui tak dapat mengembangkan Step-2 secara sempurna, namun untungnya versi Step-1 sudah memiliki performa yang apik. Memang masih ada yang harus dibenahi pada Step-1, seperti tangkinya yang kapasitasnya terlalu kecil, sehingga bisa tak finish kalau dipakai balap sebenarnya,” ucap Marco Melandri.