Photo : Suzuki-Racing.com
0
1003

Ubah Sistem Elektronik, Aleix Espargaro Makin Impresif Kendarai Suzuki GSX-RR

GILAMOTOR.com – Asa Suzuki untuk kembali meramaikan pertarungan tim pabrikan di MotoGP akan dimulai musim 2015 ini. Beragam upaya pun dilakukan untuk bisa mengembalikan pamor mereka di arena balap kelas utama.

Tes pra musim di Sirkuit Sepang, Malaysia lalu menjadi fokus perhatian tim dan pebalap untuk mengetahui potensi dan kekurangan sang kuda besi.

Salah satu pebalap Suzuki yaitu Aleix Espargaro mampu mencatat hasil yang signifikan. Dibanding tes pertama, catatan waktu yang ditorehkannya pada tes kedua mampu membuatnya berada di urutan 9 dengan lap time 2 menit 0,275 detik. Dirinya hanya berselisih 1,160 detik dari pemuncak, Marc Marquez.

Menurut Aleix, hasil ini berkat perubahan pada setingan elektronik yang dilakukan pada Suzuki GSX-RR. “Kami sudah mengubah setingan traction control. Respon motor lebih baik terutama ketika menikung dalam kecepatan tinggi,” kata Aleix.

Sebelumnya, partner Maverick Vinales ini gagal karena motor bergerak terlalu banyak. “Tapi, kali ini kami mengambil langkah yang besar untuk traction control,” tambah Aleix.

“Aku senang segalan sesuatunya mulai membaik. Ini sangat penting untuk mengetahui bahwa kami memiliki kecepatan yang baik saat balapan nanti,” lanjut pemilik nomor 41 itu.

Meski begitu, Aleix mengaku belum bisa maksimal membesut GSX-RR. Ini karena cidera ligamen pada lutut yang dideritanya Desember lalu belum sembuh total.

Itu berpengaruh terhadap riding style-nya. Apalagi Aleix mengatakan GSX-RR terlalu kecil. “Ketika banyak tekanan, lututku sangat sakit. Sekarang memang lebih baik dan hanya butuh waktu untuk pulih,” tutup Aleix.