0
1224

Yayasan AHM dan IATSS Adakan Kampanye Road Safety di Usia Dini

GILAMOTOR.com, Jakarta. — Yayasan Astra Honda Motor (Yayasan AHM) bekerja sama dengan International Association of Traffic and Safety Science (IATSS) alumni Indonesia mengadakan kampanye road safety usia dini dengan menggelar lomba cara menyeberang jalan secara aman untuk anak Taman Kanak-kanak (TK).

Kegiatan ini dilaksanakan di Taman Lalu Lintas Cibubur Sabtu, (22/10) diikuti oleh 250 peserta dari 20 TK yang berada di wilayah Jakarta Utara. Kegiatan ini diharapkan dapat menanamkan kesadaran berlalu lintas yang baik dan aman di kalangan anak usia dini. Pada kesempatan ini Yayasan AHM juga menyumbang 15 unit sepeda anak-anak untuk digunakan di wahana kendaraan Taman Lalulintas Cibubur.

Lomba cara menyeberang jalan secara aman untuk anak TK ini merupakan salah satu bagian dari kegiatan kampanye road safety yang digalakkan Honda dalam rangka mengimplementasikan tanggung jawab sosial perusahaan. Sebelumnya, Yayasan AHM telah mengadakan kegiatan Penyuluhan dan Pendidikan Keselamatan Lalu Lintas (PPKLL) bagi 100 guru TK di lingkungan Jakarta Utara dan Bekasi.

“Untuk membuktikan manfaat pelatihan tersebut pada seluruh stakeholder, kami adakan lomba cara menyeberang jalan secara aman untuk anak TK ini,” ujar Kristanto, Wakil Ketua Yayasan AHM.

Kristanto menyatakan menyeberang jalan merupakan hal yang kecil namun tidak dapat dianggap remeh karena terkait dengan keselamatan penyeberang dan pengguna jalan lain. Dengan menanamkan cara menyeberang yang baik dan aman sejak usia dini, diharapkan terbangun kesadaran tentang pentingnya memperhatikan keselamatan diri dan lingkungan saat mereka dewasa.

Sebelum mengadakan lomba buat anak TK ini, Yayasan AHM dan IATSS alumni Indonesia juga gencar melakukan Penyuluhan dan Pendidikan Keselamatan Lalu Lintas (PPKLL) di kalangan guru TK di beberapa provinsi di Tanah Air.

“Kami berharap dapat berkontribusi membentuk generasi baru yang sadar akan peraturan dan keamanan lingkungan. Kami akan terus mengembangkan program ini ke kota-kota lain di seluruh Indonesia mengingat IATSS alumni Indonesia juga tersebar di berbagai provinsi di Indonesia.”

Tentang IATSS

IATSS Forum adalah sebuah asosiasi internasional di bidang keselamatan lalu lintas yang berbasis di Jepang. Forum ini secara reguler menyelenggarakan training yang diberi nama IATSS Forum untuk para sarjana perwakilan negara-negara Asean.

Di Indonesia, alumni IATSS Forum mendirikan paguyuban sejak Januari 1999 yang saat ini beranggotakan 170 orang. Mereka berasal dari angkatan 1985 – 2011 dengan latar belakang yang beragam seperti dosen, peneliti, karyawan swasta, pegawai negeri, dokter, polisi, dan jurnalis. Beberapa tokoh yang pernah memimpin IATSS alumni di Indonesia antara lain Jimly Asshiddiqie (1991 – 1996) , Jimmy Iskandar (1996 – 1999), Hadar Gumay (1999-2001), Heru Sutomo (2001 – 2003), Endy Subijono (2003-2007), Devi Femina (2007-2011).

IATSS alumni Indonesia telah mengadakan berbagai kegiatan sosial seperti membantu penyediaan buku-buku bacaan untuk panti asuhan, menyalurkan sumbangan dan membantu pembangunan kembali saat terjadi bencana alam dan Tsunami di Aceh, Yogya, Vietnam, dan Jepang, dan mengadakan riset mengenai keselamatan berlalu lintas dan museum.