3
2445

Komunitas Itasha Jogja Ikut Pelatihan Safety Riding Astra Motor

 

Maraknya pelanggaran lalulintas yang diikuti oleh tingginya angka kecelakaan di jalan raya belakangan menjadi sorotan semua pihak. Tidak hanya melaksanakan kampanye disiplin dalam berkendara untuk menekan fakta di atas, sebagian besar komunitas otomotif yang peduli kerap melakukan klinik safety riding. Salah satunya adalah Komunitas Itasha region Jogja.

Komunitas pecinta kebudayaan Jepang yang kecintaannya dituangkan dalam bentuk pengaplikasian decals (sticker) pada sepeda motor tersebut sengaja menggandeng Astra Motor Yogyakarta dan Sabtu (29/10) lalu menggelar pelatihan Safety Riding di Astra Motor Safety Riding Center Yogyakarta.

Salah satu founder komunitas Itasha region Jogja Anggara, mengungkapkan bahwa seluruh anggota komunitas yang dia rintis semuanya menggunakan kendaraan bermotor. Oleh karena itu penting rasanya untuk membekalinya dengan pemahaman dan kemampuan mengenai perilaku aman berkendara di jalan raya.

“Kecintaan Kami terhadap kebudayaan Jepang Kami tuangkan dalam sepeda motor yang Kami gunakan sehari-hari. Sebagai pehobi yang dekat dengan dunia otomotif, sudah menjadi tanggung jawab Kami untuk membekali setiap anggota dengan pemahaman dan skill safety riding. Selain untuk mengurangi resiko kecelakaan, pelatihan ini dapat meningkatkan ketrampilan berkendara Kami”.

Ada dua sesi pada pelatihan yang diikuti lebih dari 20 anggota Itasha region Jogja tersebut.  Sesi teori dan praktek. Dalam sesi teori peserta diajak untuk mengenal sikap, perilaku, persiapan berkendara, resiko di jalan raya, kondisi dan titik-titik rawan dalam lalu lintas, dan teori ketrampilan berkendara. Sedangkan sesi praktek dibagi menjadi empat materi yang meliputi brakingnarrow plankbumpy roads, dan slalom course.

Sesuai tajuknya, pada materi braking peserta diajak untuk menguasai ketrampilan penggunaan rem saat mengendarai sepeda motor. Melatih keseimbangan ada di materi narrow plank, materi bumpy road menjadi simulasi menghadapi kondisi jalan yang rusak dan tidak rata, dan mengasah keterampilan dalam mengendalikan sepeda motor melewati bermacam jenis tikungan, baik tikungan dengan sudut sempit yang harus dilalui dengan perlahan ataupun tikungan dengan sudut yang lebar dan dapat dilibas dengan cepat di slalom course.

“Pelatihan safety riding yang kali ini melibatkan teman-teman dari Itasha region Jogja merupakan salah satu upaya Kami untuk memperluas kesadaran perilaku aman berkendara di jalan raya. Harapannya kesadaran akan tanggung jawab menjaga keselamatan berkendara di jalan semakin merata, tak hanya dimiliki oleh pengendara motor Honda namun juga pengendara motor pada umumnya.” pungkas Muhammad Ali Iqbal, Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta.

3 COMMENTS