0
399

4 Fakta Penting Kesiapan Mandalika Gelar MotoGP Indonesia

GilaMotor.com – Ramai terdengar kabar Indonesia akan menjadi tuan rumah MotoGP dalam hitungan beberapa tahun ke depan. Jika hal ini benar-benar menjadi kenyataan maka mimpi para penggemar balap Tanah Air melihat langsung aksi pembalap jagoannya akan menjadi kenyataan.

Sirkuitnya akan mengambil tempat di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Nah, berikut ini Bang Gilmot jabarkan hal-hal penting perkembangan kabar Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP.

1/ Kontrak tiga tahun

Jika melihat laporan Autosport, Indonesia melalui Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) disebut telah sepakat menjalin kontrak selama tiga tahun dengan Dorna. Indonesia akan menjadi tuan rumah balapan MotoGP 2021 hingga 2023.

Abdullar M. Mansoer, presiden direktur ITDC disebut menyatakan kontrak ditandatangani pada 21 Januari lalu di Madrid, Spanyol.

2/ Bangun sirkuit baru

Sirkuit Mandalika akan dibangun dari nol dengan panjang lintasan mencapai 4,32 km yang terdiri dari 18 tikungan. Desain sirkuit itu sendiri telah mendapat persetujuan FIM Safety Officer Franco Uncini.

Saat tak digunakan balapan, sirkuit akan difungsikan sebagai jalanan tol. Proses pembangunannya pun diharapkan bisa lekas rampung lantaran sebenarnya tinggal membangun aspal dan paddock.

3/ Sirkuit dibangun perusahaan Perancis

Proses penggarapan sirkuit MotoGP Mandalika dikerjakan oleh perusahaan asal Perancis bernama Vinci Corporation. Proses pengaspalan sirkuit dijadwalkan mulai berjalan pada Oktober 2019.

4/ Ada kemungkinan kontrak diperpanjang

Cuma tiga tahun kontraknya? Tenang. Untuk saat ini kontrak ITDC dengan Dorna memang baru sebatas tiga tahun. Namun, masih menurut sumber yang sama, ada kemungkinan kontrak tersebut diperpanjang.

Jadi, kita berdoa aja semoga penyelenggaraannya lancar dan MotoGP bertahan di Indonesia, Gilmoters.