0
110

Modifikasi Kawasaki Ninja 2Tak

Kebanyakan motor di Indonesia dengan basis mesin 2-tak sudah tidak mendapatkan izin beroperasi lagi. Hal ini membuat peminatnya menjadi menurun dan kita tidak lagi melihatnya di pasaran. Namun, lain halnya dengan motor Ninja. Meski sudah tidak sepopuler pada zamannya, tapi masih banyak peminat yang bahkan membuat kontes modifikasi motor Ninja 2-tak ini.

 

Modifikasi Ninja 2-Tak dan Peminatnya yang Banyak

Peminat motor ini sendiri juga tidak sedikit. Banyak dari kalangan orang tua bahkan sampai anak muda yang menyukainya. Alasan mereka membeli motor ini karena mesin motor Ninja 2-tak dapat mengeluarkan tenaga dan torsi besar. Kapasasitas mesin 2-tak sendiri memiliki 150 cc dengan tenanga 21 kW dan torsi 20 Nm.

Motor Ninja atau yang memiliki nama asli Kawasaki Ninja RR ini memiliki teknologi Fuel Injection sehingga sistem pembakaran mesinnya menggunakan karburator Mikuni VM 28. Itulah yang menjadi penyebab mengapa motor ini tidak lagi mendapat izin edar di Indonesia. Karena mesin 2-tak dengan kaburator dianggap tidak ramah lingkungan sesuai dengan peraturan pemerintah Indonesia. Selain itu, knalpot dari mesin ini memiliki suara bising yang menjadi ciri khas motor 2-tak kebanyakan.

Motor Kawasaki Ninja RR ini sendiri juga dilengkapi transmisi manual 6 percepatan dengan teknologi Super KIPS (Kawasaki Integrated Power Valve System). Teknologi ini adalah sebuah sistem gas buang yang dikembangkan oleh Kawasaki sendiri. Mereka memanfaatkan buka tutup katup pada putaran mesin rendaman tinggi untuk meminimalisir gas buang agar motor Ninja ini lebih ramah lingkungan. Teknologi inilah yang membuat motor Ninja 2-tak menjadi lebih ganas dan hemat bahan bakar.

Dengan power yang ganas tersebut menjadikan motor modifikasi Ninja ini cocok untuk dijadikan motor drag. Sehingga banyak orang yang sengaja membeli motor model ini untuk dimodifikasi menjadi motor tersebut. Selain itu, banyak juga kontes modifikasi motor yang bisa diikuti oleh motor Ninja karena desainnya yang sangat sporty dan mudah untuk dibentuk menjadi berbagai macam gaya. Bagi Anda yang berencana membeli motor Ninja 2-tak untuk dimodif, Anda bisa menyimak berbagai macam referensi modifikasinya berikut ini.

Contoh Modifikasi Kawasaki Ninja 2 Tak Cocok Untuk Kontes

  1. Modifikasi Thailook Style

Bagi yang ingin menghilangkan kesan sporty seperti mobil balap, Anda bisa menggunakan style modifikasi Ninja tersebut. Modifikasi Kawasaki Ninja RR ini biasanya menggunakan ban cacing dan velg model jari-jari sehingga mengurangi kesan sporty pada tampilan luarnya. Namun, Anda akan mendapatkan kesan nyentrik yang lebih dominan sehingga terlihat lebih bergaya. Maka dari itu, style ini sangat disukai anak muda yang ingin tampil beda.

Style Thailook sendiri lebih cocok untuk diikutkan dalam kontes modifikasi. Hal ini karena pemakaiannya untuk sehari-hari kurang nyaman dengan bentuk ban cacing. Belum lagi ban tersebut juga dilarang oleh pihak kepolisian karena dianggap kurang aman dan rawan terjadinya kecelakaan. Jenis ban ini akan membuat motor kurang stabil ketika melewati jalan berlubang maupun jalan dengan polisi tidur.

  1. Modifikasi Jari-Jari Untuk Drag Style

Karena digunakan di arena sirkuit, penggunaan ban cacing dan velg jari-jari pada motor Ninja ini tentu saja sangat cocok. Karena sebelumnya sudah disebutkan bahwa model ban ini tidak disarankan untuk digunakan di jalan biasa karena sangat beresiko. Beda halnya dengan motor drag yang memang digunakan di area balapan.

Motor Kawasaki Ninja ini memang sering digunakan sebagai motor drag karena permorfanya dapat menghasilkan tenaga 21 Kw dan torsi 20 Nm. Maka dari itu modifikasi Ninja ini dengan model jari-jari untuk digunakan sebagai motor drag agar lebih ringan tentu sangatlah tepat.

  1. Modifikasi Cafe Racer

Untuk yang ingin lebih tampil nyentrik dan anti mainstream, Anda bisa membuat modifikasi Ninja ini menjadi gaya Cafe Racer. Hanya saja gaya ini membutuhkan biaya yang cukup besar. Hal ini dikarenakan Anda harus mengubah struktur body secara keseluruhan membentuk motor cafe race zaman dulu yang memiliki desain klasik. Modifikasi jenis ini menggunakan plat besi untuk bagian fairing depan dengan bentuk lampu yang bulat.

Ciri khas dari style cafe racer sendiri memiliki bagian belakang hornet atau bentuk yang menyerupai sarang tawon. Selain itu, Anda juga dapat mengubah bagian kaki-kaki menggunakan suspensi upside down, lalu dipadukan dengan stang jepit. Untuk yang memakai suspensi bawaan pada modifikasi motor Ninja, juga tidak menjadi masalah karena yang penting adalah perubahan bentuk body yang menyerupai motor cafe racer.

  1. Modifikasi Ninja 2tak ala MotoGP

Siapa sih yang enggak pernah nonton MotoGP? Nah, pecinta otomotif biasanya memiliki mimpi untuk mengendarai motor yang digunakan dalam MotoGP. Hal ini sendiri tidaklah sulit karena Anda bisa memodifikasi motor Ninja Anda ala MotoGP. Motor Ninja sendiri sebenarnya sudah mirip dengan motor balap sehingga Anda hanya perlu menambahkan stiker yang memiliki gaya Livery MotoGP.

Apabila Anda memiliki tambahan budget juga bisa menambahkan fairing dari bahan fiber glass untuk membuat tampilan motor semakin mirip dengan MotoGP. Agar lebih terjangkau, Anda bisa menggunakan fairing standar dengan ditambah Livery MotoGP. Lalu, Anda sendiri bisa mengganti ban dan velg-nya dengan dimensi yang lebih besar sehingga kesan sporty lebih terlihat.

  1. Modifikasi Ninja 2 tak Simpel

Bagi Anda yang memiliki budget cukup terbatas, bisa membuat modifikasi Ninja simpel tapi keren saja. Contohnya seperti mengganti knalpot dengan dengan knalpot racing dan menambahkan aksesoris aftermarket sesuai dengan budget Anda. Kemudian Anda juga bisa mengganti lampu depannya dengan headlamp projector dengan harga di kisaran satu jutaan tergantung tipe dan kualitasnya.

  1. Modifikasi ala Airbush

Untuk modifikasi Ninja simpel tapi keren lain bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Airbush yang dapat membalut setiap sisi body. Gaya modifikasi dengan model ini akan membuat tampilan grafisnya keren dan terlihat seperti lukisan. Hal ini dikarenakan body motor yang digunakan sebagai media lukisnya, sehingga biaya Airbush untuk motor sendiri cukup mahal. Tipe modifikasi Ninja ini juga membutuhkan orang-orang yang memiliki jiwa seni tinggi untuk melakukannya.

  1. Modifikasi Menggunakan Stiker

Contoh gambar modifikasi Ninja lainnya adalah menggunakan stiker. Karena biaya penggunaan Airbush cukup mahal, kebanyakan orang enggan menggunakannya. Anda sendiri juga bisa menggantinya dengan menggunakan Decal Stiker yang harganya lebih terjangkau. Anda bisa memesan terlebih dulu konsep stikernya sesuai dengan style yang ingin dibuat. Untuk masalah harga, decal stiker memiliki range di bawah Rp 1 juta sehingga sangat cocok bagi Anda yang memiliki budget terbatas.

 

Baca juga artikel modifikasi Ninja:

 

Modifikasi Motor Ninja 2-Tak Menawan dan Keren

Nah, itu dia berbagai macam model modifikasi Ninja yang bisa Anda gunakan sebagai referensi. Anda bisa menyesuaikan dengan budget yang disiapkan apakah ingin menggunakan style cafe racer atau menggunakan style yang sederhana saja. Apapun style-nya modifikasi Ninja RR ini tentu akan membuat Anda terlihat keren ketika mengendarainya.

Semoga bermanfaat!