Dok. Foto: Captainelectro.com
0
216

Kawasaki Bakal Luncurkan Motor Listrik? Ini Kabar Resminya

Sejak tahun lalu, media otomotif sudah dihebohkan dengan rencana Kawasaki meluncurkan sebuah motor listrik. Kini, kabar ini bukan cuma isapan jempol belaka karena sudah ada info kepastiannya.

Kawasaki mengumumkan bakal segera meluncurkan motor listrik pertamanya di Inggris. Tak cuma satu, Kawasaki akan langsung meluncurkan dua motor listrik yakni Ninja E1 dan Z E1.

Kedua motor listrik ini ditenagai oleh motor listrik brushless yang mampu menghasilkan tenaga s5 kW atau sekitar 6,7 tenaga kuda dan dapat mencapai torsi puncak 9 kW atau sekitar 12 tenaga kuda.

Kabarnya, motor listrik ini juga nantinya bakal dipasarkan secara global.

Pada motor listrik ini disematkan e-boost yang dapat diaktifkan dengan saklar di bagian stang kanan. Kawasaki Ninja Z E1 menawarkan output maksimum 9kw (12.2ps) dan kecepatan tertinggi 99 km/jam dengan menggunakan mode e-boost ini.

Motor listrik ini menggunakan beterai ganda yang dihubungkan secara paralel. Selain itu, baterai juga dapat dilepas untuk pengisian daya secara terpisah.

Soal baterai, motor ini menggunakan baterai lithium-ion berkapasitas 50,4V 30Ah atau sekitar 1,5 kWh. Pengisian daya baterai membutuhkan waktu 3,7 jam, dan jarak tempuh kurang lebih 41 mil atau setara 65 Km.

Motor listrik ini tak menggunakan kopling, pengendara bisa melaju dengan dua mode berkendara yakni road dan eco.

Beberapa fitur yang tersemat pada Ninja E1 dan Z E1 adalah dasbor TFT full color, konektivitas smartphone, ABS, dan sistem rem yang bersumber dari jajaran motor 400cc Kawasaki yang sudah ada. Sayangnya, belum ada bocoran harga untuk kedua mode motor listrik Kawasaki ini.