Display teknologi listrik berbasis hidrogen motor Kawasaki yang sedang dikembangkan. Foto: Kawasaki.co.uk
0
802

Kawasaki Akan Luncurkan 3 Motor Hybrid dan Listrik di Tahun 2022

Kawasaki sebuah pabrikan motor asal Jepang telah mengumumkan rencananya yang akan merubah jajaran line-up produknya untuk beralih ke hibrida dan listrik pada tahun 2035 nanti. Dalam perjalanan tersebut, rencananya akan terdapat 10 model motor listrik dan hibrida yang akan diluncurkan oleh Kawasaki hingga tahun 2025 mendatang. 

Tetapi dalam waktu dekat, Kawasaki berencana untuk meluncurkan beberapa model terlebih dahulu untuk membuka jalan sehingga dapat mencapai strategi yang ambisius. 

Dilansir dari Rideapart, Hiroshi Ito selaku Presiden Kawasaki Motors mengumumkan akan merilis tiga motor hybrid dan listrik di sekitar tahun 2022. Hal ini secara langsung sempat beliau sampaikan pada ajang pameran otomotif dunia, EICMA 2021 di Milan, Italia. Berita ini terbilang mengejutkan untuk pabrikan motor asal Jepang sekelas Kawasaki, dimana saat ini pabrikan lain asal Jepang belum melontarkan strategi mereka ke depannya.

Mesin injeksi bahan bakar langsung dan supercharged adalah batu loncatan menuju tenaga hidrogen.

Foto: Bennets.co.uk

Pada Maret 2020 Kawasaki sudah mengajukan paten untuk mesin Kawasaki H2 Double Injection. Nah, proyek mesin tersebut digadang gadang sebagai dasar pembangkit listrik berbasis hidrogen di masa depan. Namun meski demikian, Kawasaki sudah mengeluarkan rumor mengenai motor listrik dan hybrid yang akan mereka luncurkan nanti.

Saat ini Kawasaki akan terus mengerjakan proyek Double Injection pada mesin Kawasaki H2 dengan tujuan mengadaptasi teknologi konversi bahan bakar. Dimana bahan bakar yang dikonversi adalah dari bahan bakar fosil ke bahan bakar hidrogen. Nah dengan memasangkan direct injection ke supercharger, H2 diharapkan kawasaki dapat mencapai tujuan nol emisi. Tidak hanya emisi yang dikejar oleh Kawasaki, melalui project ini pabrikan asal Jepang tersebut juga bisa mendapatkan tenaga motor yang lebih besar dari yang sudah ada saat ini.

Kawasaki H2. Foto: Kawasaki Motor Indonesia

Dalam mengembangkan proyek motor hidrogen ini, tentunya Kawasaki membutuhkan banyak waktu untuk mendapatkan hasil yang sangat maksimal. Namun model motor listrik dan motor hybrid yang akan diluncurkan oleh Kawasaki tersebut harapannya dapat menjadi pengisi sementara bagi line-up motor ramah lingkungan mereka. Hingga saat ini, Kawasaki H2 digadang-gadang masih merupakan produk kelas tertinggi diantara produk-produk lain yang dimiliki oleh Kawasaki.