Foto: Amazon.co.uk
0
156

Peralatan Wajib Ketika Touring Motor

Touring merupakan kegiatan yang paling menyenangkan, biasanya dilakukan oleh komunitas motor atau club pecinta roda dua. Dalam touring biasanya dilakukan secara beriringan, lebih dari satu motor.

Mereka melintasi berbagai kondisi jalan, untuk menuju ke satu tempat tujuan yang menyenangkan. Dalam perjalanan, banyak aturan yang harus diterapkan, agar selama touring, lancar tidak terjadi masalah apalagi sampai kecelakaan.

Nah, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, peserta touring membawa berbagai perlengkapan, riding gear seperti helm, jaket, sarung tangan, sepatu dan juga jas hujan. Mereka juga kerap membawa makanan, minuman serta pakaian.

Selain itu ada hal lain yang harus dipersiapkan, dan wajib dibawa, yaitu Tool Kit. Fungsinya untuk mengatasi masalah yang dialami pada sepeda motor. Ade Rohman, Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), main dealer motor Honda di Jawa Barat, menjelaskan beberapa Tool Kit yang wajib dibawa saat touring.

  1. Kunci Busi Ade
Foto: Bukalapak

Kunci busi ini biasanya digunakan dalam keadaan darurat. Saat motor mogok, pertama kali komponen yang diperiksa adalah busi, yang berfungsi untuk pengapian. Kunci busi ini untuk semua jenis motor, mulai dari matik, sport dan juga bebek. Jika busi tidak berfungsi, maka dipastikan seluruh komponen mulai dari mesin sampai kelistrikan akan mati, dan perjalanan touring menjadi terhambat.

  1. Obeng Plus dan Obeng Minus
Foto: Tokopedia

Menurut Ade, obeng ini dapat digunakan untuk membuka baut atau sekrup yang ada pada bodi atau komponen lainnya. “Obeng bisa digunakan untuk membuka baut di bodi motor untuk menyetel stasioner atau idling. Bisa juga dipakai untuk pengecekkan saluran bahan bakar,” tutur Ade.

  1. Tang (Longnose dan Potong)

Fungsinya adalah untuk memasang dan membuka sambungan rantai. Kemudian memotong serta mengupas kabel, membuka baut yang slek juga menjepit klem, dibutuhkan kedua alat ini.

Tang juga bisa digunakan sebagai pengganti tangan saat harus memegang kuat mur atau baut yang dikencangkan, saat mesin panas, membuka koil tentu akan sulit jika tidak menggunakan alat bantu.

  1. Kunci L (Bintang atau Hexagonal)
Foto: Bukalapak

Alat ini menurut sangat diperlukan, karena sebagian besar motor biasanya ada yang harus menggunakan kunci L untuk membuka beberapa bagian tertentu. Jadi saat diperlukan, alat ini bisa langsung digunakan. Kunci L dengan komposisi satu set yang lengkap sangat dianjurkan. Mencari alat ini memang agak sulit, tidak semua pengguna motor memiliki dan membawanya tetapi percayalah ini sangat berguna.

  1. Pompa Angin Portable
Foto:  Bukalapak

Pompa angin yang berukuran mini ini sangat penting, selain mudah dibawa, pompa angin ini bisa digunakan saat ban motor kempes karena bocor alus atau kurang angin saat berada di jalan. Pompa ini bisa digunakan sementara, sampai ketemu bengkel tambal ban untuk mengisi angin atau menambal ban.

  1. Kunci Pas dengan ukuran 10 x 12 dan 14 x 17
Foto: Bukalapak

Ade mengatakan, fungsi kunci ukuran ini adalah untuk mengencangkan atau melepas baut dan mur, dengan bentuk segi enam atau kotak. Jika kendor baut atau murnya, kunci pas ini bisa langsung digunakan agar tidak mengganggu perjalanan.

  1. Kunci Ring Hexagonal 24 Mm
Foto: Bukalapak

Kunci ini menurut Ade salah satunya untuk menjangkau bagian yang sempit di bagian motor dengan tipe sport. “Kunci ring ini memiliki daya cengkram yang lebih kuat, untuk mengendurkan atau mengencangkan baut dan mur secara maksimal,” terang Ade.

Jika Anda berniat untuk melakukan perjalanan panjang atau touring, jangan lupa membawa membawa Tool Kit tersebut di atas. Karena bentuknya kecil dan mudah diletakkan di tas atau bagasi.