Foto: www.asphaltandrubber.com
0
150

Rumor Kawasaki Siapkan Motor 400 cc 4-Silinder Makin Santer

Kawasaki membuat gebrakan yang cukup sensasional dengan menghadirkan motor sport yang memiliki kapasitas 250 cc dan berkonfigurasi 4 silinder, yakni ZX-25R. Motor sport full fairing tersebut bisa dibilang cukup sukses di pasaran dan mendapat respons yang positif dari para pencinta roda dua.

Apalagi untuk di kelas motor sport full fairing 250 cc, belum ada lagi pabrikan yang menggunakan mesin 4 silinder. Sehingga, kehadiran ZX-25R membawa penyegaran dan pilihan baru bagi para penggemar motor sport yang bosan dan jenuh dengan mesin 250cc 2 silinder.

Setelah ZX-25R mengaspal, muncul lagi kabar bahwa Kawasaki juga sudah menyiapkan motor sport full fairing dengan mesin berkapasitas 400cc, tapi tetap dengan konfigurasi 4 silinder. Kabar tersebut disampaikan oleh media asal Jepang, yakni Young Machine, yang mengatakan bahwa Kawasaki sedang menyiapkan model baru yang akan diberi nama ZX-4R.

Foto: Motorcycle.com

Belum ada tanggapan atau pernyataan resmi dari pihak Kawasaki mengenai rumor tersebut. Tapi, bukan tak mungkin Kawasaki benar-benar akan menghadirkan motor sport full fairing 400cc dengan mesin 4 silinder. Selama ini, Kawasaki juga terkenal senang berinovasi di kelas motor sport full fairing. Sebut saja motor-motor yang menjadi fenomenal, seperti Ninja H2R, Ninja ZX-10RR, dan lainnya.

Kabar tersebut diyakini bukan hanya rumor belaka. Kawasaki juga sudah mengajukan paten untuk motor sport full fairing tersebut. Paten yang diajukan fokus pada desain fairing. Desain pada paten yang diajukan oleh Kawasaki menunjukkan bahwa fairing tersebut memiliki jalur angin untuk memaksimalkan pendinginan pada radiator. Dari gambar terlihat desainnya mirip dengan ZX-25R tetapi dengan tambahan pendingin udara untuk menjaga temperatur mesin yang memiliki putaran tinggi.

Soal desainnya secara keseluruhan, jika melihat tren yang dilakukan oleh Kawasaki pada jajaran motor sport-nya sekarang, kemungkinan besar tidak akan jauh berbeda dengan ZX-25R. Mulai dari desain lampu depan, tangki bahan bakar, swingarm, pelek, dan beberapa bagian lainnya.

Foto: Motorcycle.com

Beberapa media asing juga sempat memprediksi kemunculan motor yang disinyalir sebagai Ninja ZX-4R tersebut. Sebagian besar menduga peluncurannya akan dilakukan pada akhir 2021. Namun, sudah memasuki 2022, nyatanya masih belum ada juga kabar dari Kawasaki mengenai motor 4 silinder tersebut.

Bicara soal spesifikasinya, Kawasaki diyakini akan membekali Ninja ZX-4R dengan mesin berkapasitas 400cc, 4 silinder segaris, 16 katup, DOHC, dan berpendingin cairan. Untuk fiturnya, Kawasaki akan tetap menyematkan teknologi Kawasaki Traction Control (KTRC), free wheel protection yang bisa diatur menjadi 3 level sekaligus, riding mode, dan suspensi depan upside down dari Showa dengan tipe Separate Function Fork Big Piston (SFF-BP).

Tak hanya ZX-4R dengan model full fairing, Kawasaki dikabarkan juga akan meluncurkan versi tanpa fairing alias naked. Motor yang akan masuk pasar retro sport naked akan diberi nama Z400RS. Desainnya juga diyakini tidak akan jauh berbeda dengan saudaranya, yaitu Z650RS dan Z900RS. Namun, belum ada detail lebih jauh mengenai rumor tersebut.

Foto: Young Machine

Untuk peluncurannya sendiri, kemungkinan akan dibuat bersamaan dengan Ninja ZX-4R atau menunggu versi full fairing tersebut mengaspal terlebih dahulu. Belum ada kepastian juga apakah di tahun 2022 ini motor tersebut akan diluncurkan.

Sebelumnya, Kawasaki sudah pernah memproduksi motor sport full fairing 40 cc dengan 4 silinder di era 1980-an. Motor tersebut adalah GPZ400F, GPZ400R, ZX-4, ZXR400, ZXR400SP, dan ZZR400. Deretan motor lawas tersebut sekarang sudah menjadi buruan para kolektor.