Para bikers melakukan touring seraya mengeksplorasi keindahan alam dan pariw. Foto: Ilustrasi @mbidkijakarta
0
89

IMI Promosi Wonderful Indonesia Sambil Touring Motor Lintas 6 Negara

GilaMotor.com – Sosialisasi Wonderful Indonesia terus digenjot. Bukan hanya skala lokal Tanah Air, level internasional di mancananegara juga ikut membahana. Sebut saja, ketika logo Wonderful Indonesia menempel di bagian winglet tunggangan pebalap Gresini Racing MotoGP seri ini.

Kemudian juga, dalam waktu dekat ini, sekitar Juni-Juli 2022 mendatang, Ikatan Motor Indonesia (IMI) kerja bareng Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Laos, bakal menggelar event Wonderful Indonesia Motorbike IMI Touring.

Foto: Ilustrasi @mbidkijakarta

Kegiatan touring ini dimotori Ketua Umum IMI sekaligus Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI, Bambang Soesatyo, yang akrab disapa Bamsoet. Juga didukung Duta Besar (Dubes) RI untuk Laos, Pratito Soeharyo. Lalu dibantu Kementerian Ekonomi Kreatif dan Pariwisata, Kementerian Koperasi dan UKM, serta Dirjen Bea dan Cukai RI. 

Adapun agenda Wonderful Indonesia Motorbike IMI Touring, adalah sebagai bagian dari touring diplomasi. Memperkenalkan kekayaan budaya, seni, destinasi wisata, serta produk koperasi dan UMKM asal Indonesia. Sekaligus memperingati 65 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia – Laos.

Foto: Ilustrasi @mbidkijakarta

“Touring akan dimulai dari Indonesia, melintasi enam negara, yaitu Singapura, Malaysia, Kamboja, Vietnam, Thailand, hingga finis di Laos. KBRI di sejumlah negara tadi juga sudah siap mendukung. Rencananya sekitar 50 motor berbendera Indonesia bakal ikut serta,” ujar Bamsoet usai menerima Pratito Soeharyo di kantornya, Senin (4/4/22).

Dia kembali menjelaskan, Wonderful Indonesia Motorbike IMI Touring, juga sebagai bagian mempererat silaturahmi antar anggota motor di berbagai negara ASEAN. Dibarengi sosialisasi fasilitas IMI, berupa dokumen FIA Carnet De Passages En Douane (CPD), atau yang dikenal dengan visa kendaraan bermotor lintas negara.

“CPD sangat bermanfaat bagi komunitas otomotif, yang ingin menggunakan kendaraannya sendiri dari Indonesia, untuk melintasi negara-negara di kawasan ASEAN. Fasilitas ini dapat terwujud, salah satunya berkat dukungan luar biasa dari Bea dan Cukai RI,” tukasnya.

Selama touring berlangsung, para peserta akan mengikuti rangkaian kegiatan yang telah disiapkan dari KBRI pada masing-masing negara yang dilalui. Seperti Wonderful Indonesia Cultural Night, hingga melakukan bakti sosial.

Foto: Ilustrasi @mbidkijakarta

Kegiatan promosi seni, budaya, destinasi wisata, hingga produk koperasi dan UMKM Indonesia ini, dikatakan Bamsoet merupakan sebuah terobosan diplomasi yang out of the box. Lewat interaksi antara bikers Indonesia dengan komunitas motor di enam negara tadi. 

Selain meningkatkan pengetahuan masyarakat sejumlah negara yang dilewati terkait Indonesia. Kegiatan ini merupakan sarana efektif, meningkatkan people-to-people contact, di kawasan ASEAN. “Tentunya tetap melibatkan sejumlah pemangku kepentingan yang ada,” pungkasnya.