Dok. Kawasaki Motor
0
23

Fitur Pembeda Ninja ZX25R 2023, Apa Saja?

Kawasaki Ninja ZX-25R 2023 bak menjadi primadona bagi beberapa orang. Pertama kali rilis di Indonesia pada tahun 2020 lalu, Kawasaki Ninja ZX-25R sempat mendapat penyegaran dengan beberapa pilihan warna grafis baru pada tahun 2021. Kemudian, pada tahun 2023, versi satu ini kembali membawa tampilan yang segar. Namun, tak hanya tampil lebih gagah, tetapi ada beberapa pembaruan, seperti speedometer full digital, lampu yang menggunakan full LED, hingga knalpot Euro 4.

Diketahui, motor sport 250 cc ini baru diperkenalkan pada Sabtu (1/10/2022). Namun, terdapat banyak komponen yang berubah. Apa saja?

Jika sebelumnya Kawasaki Ninja ZX-25R menggunakan standar Emisi Euro 3, kini pembaruan dilakukan lebih upgrade dengan menggunakan stang Emisi Euro 4. Hal ini lebih tampak dari model silencer yang panjang. Tak hanya itu, hasil emisinya juga lebih bersih menyesuaikan tenaga yang dihasilkan.

Bagian paling menonjol terdapat pada bagian stang kemudi. Sebab, speedometer digital pada Kawasaki Ninja ZX-25R 2023 tampak lebih baru dengan dua tampilan layar. Pertama, ada mode yang dapat digunakan sehari-hari. Lalu mode dua bisa dipakai saat track day.

Kemudian, ada panel instrumen full digital dengan layar TFT berwarna. Menariknya, panel itu dapat terhubung dengan smartphone penggunanya. Pengemudi dapat mengaksesnya dengan mengunduh aplikasi Rideology dan menghubungkannya melalui bluetooth.

Dok. Kawasaki Motor

Tak hanya itu, pada bagian kemudi, beberapa tombol tampak dibuat berbeda dengan versi sebelumnya. Seperti, tombol ‘lap’ yang menggantikan posisi tombol ‘sel’ di bagian saklar sebelah kiri. 

Selanjutnya, teknologi LED yang dikembangkan juga makin membuat tampilan lebih ciamik. Jika sebelumnya LED hanya digunakan pada lampu depan dan belakang, kini lampu juga memakai LED. Sehingga, penampilan makin terkesan modern.

Lampu sein bagian depan bentuknya tidak jauh berbeda dengan sebelumnya, hanya ditambah LED. Tampilan mikanya sedikit dipoles dengan ada bagian yang tampak buram dan jernih. Sementara, untuk bagian belakangnya dilengkapi dengan lensa bening dengan dimensi yang lebih besar.

Perbedaan paling khusus pada Kawasaki Ninja ZX-25R 2023 ialah di bagian suspensi depan dan belakang. Detailnya, pada bagian depan telah diberikan setelah preload, yang sudah menggunakan Showa SFF-BP. Lalu, untuk bagian belakang terdapat per warna hijau full adjustable dengan setelan preload, rebound dan compression..

Menariknya, jika sebelumnya motor ini hadir dalam dua varian, kini Kawasaki Ninja ZX-25R 2023 memiliki tiga varian. Di antaranya ada varian standar yang memiliki warna Metallic Spark Black. Pada varian ini tidak banyak aksesori yang ditampilkan. Namun, tentu saja sudah memiliki spidometer dan knalpot terbaru.

Kemudian, ada varian ABS SE yang memiliki warna Metallic Mate Graphene Steel Grey/Ebony dan Candy Persimmon Red/Ebony. Varian ini memiliki frame silider dan single seat cover yang memberikan kesan lebih sporty. 

Terakhir ada varian RR. Varian ini menjadi model tertinggi dari dua varian sebelumnya. Tak jauh berbeda dari ABS SE, RR memiliki fitur yangs eragam, namun ada beberapa tambahan part baru yang suspensinya mirip seperti yang digunakan pada Kawasaki Ninja ZX-10R.

Untuk harga, Metallic Spark Black dibanderol seharga Rp 105 juta. Kemudian Varian ABS SE dengan harga Rp 120 juta. Terakhir, varian RR dilepas dengan harga Rp 129,9 juta.