Dok. Aprilia
0
50

Aprilia RS 660 Edisi Balap Meluncur

Pabrikan motor dengan genre sport asal Italia yaitu Aprilia baru saja meluncurkan salah satu motor terbaru mereka. Memanfaatkan ajang EICMA 2022, Aprilia meluncurkan RS 660 Extrema 2023.

Aprilia RS 660 Extrema 2023 ini mengisi jajaran model RS 660 yang sudah ada sebelumnya. Namun varian ini digadang-gadang oleh Aprilia sebagai varian paling sporty dan juga siap untuk balap yang dimiliki oleh jajaran RS 660.

Nama Extrema yang ada pada Aprilia RS 660 tersebut diambil dari Aprilia 125 Extrema yang diproduksi pada tahun 1992 hingga 1994 silam. Aprilia 125 Extrema merupakan salah satu motor high performance dan tercepat yang dimiliki oleh Aprilia pada saat itu.

Meski memiliki tenaga mesin yang sama seperti RS660 lainnya, yang paling menonjol dari motor ini adalah bobotnya yang hanya 166 kilogram saja. Berat tersebut lebih ringan 3 kilogram dari Aprilia RS 660 standar.

Salah satu bagian pada motor tersebut yang membuat bobotnya lebih ringan 3 kilogram adalah sistem knalpot yang diperbarui oleh Aprilia dengan menggunakan produk dari SC Project. Knalpot tersebut dilengkapi dengan peredam karbon yang diposisikan di sisi kanan, berbeda dari dual end Muffler yang merupakan desain standar mesin RS.

Knalpot SC Project tersebut diikat dengan braket aluminium anodized yang juga memiliki berfungsi sebagai foot peg untuk menopang kaki penumpang.

Selain itu bagian lain yang ikut menyumbang pengurangan bobot motor adalah penggunaan material serat karbon pada beberapa bagian. Bagian yang kini menggunakan serat karbon adalah bagian spakbor depan dan beberapa panel body.

Karena motor ini memang mengutamakan unsur sporty, bagian kursi belakang pun dilepas dan diganti dengan penutup kursi untuk menambahkan aerodinamika. Namun Aprilia juga menyediakan kursi belakang sebagai opsional jika ada konsumen yang ingin membonceng seseorang dengan motor yang siap untuk turun di track tersebut.

Bicara soal mesin, motor tersebut dibekali dengan mesin 660 cc parallel-twin yang sama seperti digunakan pada Aprilia RS 660 lainnya. Tenaga yang dimiliki oleh mesin tersebut adalah 100 hp pada 10.000 rpm dan torsi 67 Nm pada 8.500 rpm.

Ya benar, yang membedakan antara Aprilia RS 660 biasa dengan Aprilia RS 660 Extrema adalah bobot dari motor tersebut. Oh ya, motor ini pun dibekali dengan beragam fitur mutakhir.

Fitur yang ada didalam motor ini meliputi traction control, ABS saat menikung, engine brake, engine map hingga wheelie control. Semua fitur tersebut tentunya bisa disesuaikan oleh pengendara secara manual.

Selain itu, terdapat juga fitur tambahan yang ada pada Aprilia RS 660 Extrema. Fitur tersebut adalah perangkat lunak yang memungkinkan pengendara mengatur quick shifter, yang menjadi standar perpindahan gigi untuk balap.