Dok. Foto: RideApart
0
184

Kawasaki ZX-10RR MY2024 Usung Sistem Variable Air intake

Dok. Foto: RideApart

Kawasaki kembali melakukan gebrakan dengan meluncurkan generasi terbaru Ninja ZX-6R yang telah diperbarui dengan mesin Euro 5. Motor ini merupakan model 2024 dari model homologasi Balap WSBK “Ninja ZX-10RR”.

Ninja ZX-10RR ini dilengkapi dengan sistem VAI (Variable Air Intake system). Dengan sistem VAI, kotak udara di ZX-10RR melalui corong yang ada menampung udara bergerak yang dapat meningkatkan performa mesin sesuai RPM tertentu.

Saat corong VAI berada di posisi atas, udara yang masuk akan melewati sistem VAI dan berlanjut ke ruang mesin untuk menghasilkan performa di rpm yang tinggi.

Sementara, saat mengetuk corong yang berada di posisi bawah, udara yang masuk akan melewati ruang yang lebih tinggi dan meningkatkan performa mesin di rpm rendah.

Namun untuk mengaktifkan sistem VAI, mesin harus dilengkapi dengan suku cadang kit balap tertentu seperti ECU balap dan sub-kontroler. Fungsinya agar saat dalam konfigurasi jalan raya, sistem VAI tidak akan aktif dan ventilasi udara tetap pada posisi atas.

Nah, Kawasaki Ninja ZX-10RR 2024 ini tetap ditenagai mesin empat silinder 998cc yang mampu menghasilkan tenaga 200hp dan torsi 114,9Nm.

Ninja ZX-10RR ini juga dilengkapi dengan piston yang lebih ringan dibandingkan model ZX-10R. Selain itu, motor ini juga memiliki fitur connecting rods tipe titanium merek Pankl.

Perubahan yang sangat tampak dari produk sebelumnya pada bagian front cowl. Bentuk headlampnya dengan detail LED Projector dibandingkan dengan desain sebelumnya yang LED reflektor.

Ada beberapa fitur menarik lainnya yang ditawarkan yakni menggunakan ban Pirelli Diablo Supercorsa SP, selain itu juga dilengkapi dengan kontrol traksi, ABS, manajemen menikung, quickshifter, hingga kemudi peredam Ohlins.