Dok. Foto: Top Gear Philippines
0
165

4 Kebiasaan yang Bikin Aki Motor Gak Umur Panjang

Aki motor merupakan salah satu komponen penting pada sepeda motor. Fungsi dari aki motor adalah sebagai sumber kelistrikan pada sepeda motor. Sehingga, jika ada kerusakan pada komponen ini otomatis motor tak akan bisa menyala.

Aki motor pada umumnya bisa berumur hingga dua tahun. Sayangnya, dengan pemakaian tanpa merawat aki tersebut, usianya tak akan sampai hingga dua tahun.

Ada beberapa kebiasaan pemilik sepeda motor yang mungkin tanpa disadari menyebabkan aki cepat soak. Nah, berikut beberapa di antaranya:

1. Mendiamkan motor dalam waktu yang lama

Ketika sepeda motor lama tak dipakai, sebaiknya tetap memanaskan mesin secara berkala. Pasalnya, jika motor didiamkan dalam waktu lama tanpa dipanaskan bisa menyebabkan aki cepat soak.

Hal ini disebabkan karena persebaran arus yang tak merata pada sepeda motor tersebut. Sehingga, aki menjadi melemah karena tak ada tegangan yang keluar dan masuk.

2. Motor tak dimatikan saat tak dipakai

Motor-motor kekinian dibekali fitur keamanan yakni tombol idling stop engine dan auto off pada standar yang bisa secara otomatis menghentikan kerja mesin.

Sayangnya, karena fitur tersebut, justru membuat beberapa pengendara lupa tak mematikan motor karena mesin sudah tak menyala. Hal ini tentu bisa membuat aki motor jadi cepat soak atau tekor.

3. Lupa tak matikan lampu saat dipakai

Ada pengendara yang lalai tak mematikan lampu sein setelah dipakai misalnya, ini bisa juga membuat aki cepat soak. Meski terdengar sepele, tapi jika kebiasaan lupa tak mematikan lampu ini sering terjadi pastinya akan berakibat pada aki yang tak berumur panjang.

4. Memasang aksesori berlebihan atau modifikasi berlebihan pada komponen kelistrikan

Modifikasi lampu dan klakson juga bisa pengaruh pada penggunaan aki. Aksesori lampu atau klakson biasanya memiliki daya yang tinggi sehingga memengaruhi penggunaan aki.

Untuk itu, baiknya tak melakukan modifikasi pada lampu dan klakson. Selain membuat umur aki cepat soak juga dapat mengganggu ketertiban berkendara di jalan.

Itu dia beberapa kebiasaan sepele yang bisa menyebabkan aki cepat soak.