Dok. Foto: diskominfo.waykanankab.go.id
0
655

5 Tips Bikin Komunitas Motor Tetap Eksis

Membuat komunitas motor memang perkara gampang, yang sulit adalah mempertahankannya agar tetap eksis. Banyak bikers membuat komunitas motor tetapi kemudian bubar di tengah jalan.

Nah, untuk membuat komunitas motor tetap eksis ada beberapa tips yang bisa dipraktikkan. Tentu dengan memiliki komunitas motor yang eksis bisa memberikan banyak manfaat bagi anggotanya.

Berikut beberapa tips membuat komunitas motor tetap eksis:

1. Membuat acara rutin

Penting untuk membuat agenda rutin agar selalu ada kegiatan di komunitas. Dengan membuat agenda rutin, komunitas akan selalu aktif.

Usahakan juga tiap anggota aktif dalam agenda tersebut. Panitia penyelenggara acara juga bisa dibuat bergantian agar semua ikut memberikan sumbangsih. Dengan begitu, setiap anggota akan merasa semangat berpartisipasi.

2. Media sosial aktif dan komunikasi terbuka

Media sosial kini jadi wadah untuk para anggota komunitas berkomunikasi. Usahakan membuat konten menarik di media sosial dan hidupkan komunikasinya.

Selain itu, komunikasi di grup-grup chat juga usahakan selalu hidup. Biasanya dengan demikian, para anggota akan semakin bersemangat untuk ikut dalam agenda-agenda yang akan datang.

3. Hargai keberagaman dan diversitas

Jangan memilih-milih anggota komunitas. Semakin beragam anggota komunitas tentunya bakal semakin menarik.

Anggota komunitas bisa saja terdiri dari berbagai latar belakang orang yang berbeda. Bahkan, usia juga bisa berbeda. Diservitas ini harus dihargai agar komunitas semakin tumbuh kuat dan besar.

4. Saling berbagi pengetahuan

Salah satu tujuan orang ikut komunitas adalah untuk menambah pengetahuan tentang otomotif. Untuk itu, bagi anggota yang dirasa mumpuni dalam hal ini diharapkan tidak pelit ilmu dan bisa berbagi pengetahuan.

Pembahasan-pembahasan menarik tentang motor pastinya bakal menghidupkan komunitas. Kumpul-kumpul juga bakal lebih menarik dan seru jika saling berbagi pengalaman.

5. Lakukan kegiatan sosial bersama

Komunitas motor juga bisa semakin menumbuhkan rasa berbagi kepada sesama dengan membuat agenda kegiatan sosial bersama.

Membuat kegiatan seperti berbagi ke orang yang membutuhkan, mengunjungi panti, atau membersihkan sampah bersama bisa menumbuhkan perasaan positif bagi anggota komunitas.

Dengan demikian rasa sayang dan bangga pada komunitas akan semakin terpupuk dan terjaga.

Itu dia beberapa tips menjaga komunitas agar tetap eksis. Selamat mencoba!