Dok. Foto: Wildcat Harley
0
223

Bahaya Naik Moge Tanpa Sesuaikan Postur Tubuh

Seperti namanya, moge yang merupakan kependekan dari motor gede pastinya berukuran lebih besar daripada motor pada umumnya. Moge pada umumnya memiliki bodi yang besar dan jok motor yang tinggi.

Hal ini tentu saja membuat orang bertubuh pendek kesulitan untuk mengendarai moge. Apalagi dengan jok yang tinggi, orang berpostur pendek bisa berisiko jika dipaksakan mengendarai moge karena kaki tak bisa menapak sempurna.

Padahal bisa berbahaya jika menggunakan motor yang tidak sesuai postur tubuh. Untuk itu, disarankan untuk mengendarai motor yang sesuai postur tubuh.

Hal yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan adalah sepeda motor hanya bisa menjadi seimbang dengan bantuan pengendara. Untuk itu, pengendara motor harus bisa mengendalikan sepeda motor dengan sempurna.

Sementara jika kaki tak bisa menapak dengan sempurna artinya hal ini bisa berbahaya jika tiba-tiba terjadi guncangan. Perlu dipertimbangkan juga jika harus melewati jalan tertentu seperti jalan sempit atau jembatan kecil.

Pada kondisi jalan seperti itu, motor bisa saja tiba-tiba terpaksa harus berhenti dan kaki harus kuat menjadi pijakan. Motor bisa jatuh jika kaki tak sempurna menopang beban motor dan tentu saja ini berbahaya bagi pengendara.

Apalagi moge memiliki beban lebih berat dari motor biasa. Artinya beban pada kaki saat harus berhenti pun lebih berat. Alhasil, kaki bisa kehilangan keseimbangan jika tak kuat menopang beratnya.

Untuk itu baiknya memiliki sepeda motor disesuaikan dengan postur tubuh. Pasalnya, ini penting untuk keselamatan sendiri dan orang lain di jalan.