Photo : Crashnet
0
976

Lorenzo ‘Ngarep’ Late Braking YZR-M1 Makin Pendek!

GILAMOTOR.com – Walau mengakui trek Sepang bukan trek terbaik untuk Yamaha, Jorge Lorenzo mengaku senang dengan performa YZR-M1 sekarang.

“Melihat dua pebalap Yamaha ada di 3 besar itu sinyal bagus,” buka Lorenzo setelah menuntaskan sesi tes hari pertama MotoGP di Sirkuit Sepang, Malaysia (4/2/2015). Kemarin, Lorenzo mencatat lap time 2 menit 0,521 detik dan membuatnya ada di urutan ketiga.

Menurut Lorenzo performa motor edisi 2015 ini lebih baik dari tahun lalu. Dan, dia merasa lebih nyaman dengan tunggangannya kali ini.

“Sangat berbeda dibanding tahun lalu ketika kami mendapat banyak masalah. Aku merasa nyaman dengan motor dan posisi kami lebih baik,” ujar Lorenzo.

Namun, Lorenzo menjelaskan bahwa tunggangannya ini perlu mendapatkan pengembangan di late braking dan meningkatkan kecepatan di tikungan dimana Honda selalu unggul.

“Kami perlu pengereman yang lebih solid. Contohnya mengurangi titik pengereman dari 200m menjadi 180m. Teorinya, kami belum bisa (mengorbankan speed corner untuk meningkatkan pengereman). Terkadang, ketika kamu mencoba hal baru pada motor, kamu meningkatkan beberapa area tapi kehilangan di area lainnya. Tapi, harapanku kami bisa meningkatkannya,” jelas Lorenzo.

Lorenzo bilang memang bakal sulit mendapatkan pengereman terbaik di corner speed dan akselerasi. “Tapi, aku pikir gaya balapku meningkat dan mengendarainya dengan kondisi fisik dan mental yang bagus. Ini sangat efektif,” tutupnya.