4
4720

MotoGP Jerez : Vale Terlalu Perkasa

Gelaran MotoGP seri ke-4 yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol, berlangsung meriah seperti tahun – tahun sebelumnya. Oiya Bro en Sis juga perlu tau, event balap motor di Andalucia selalu menjadi acara besar yang wajib dihadiri oleh para bikers setempat, alasannya sih karena kawasan ini selalu mencetak riders terbaik. Tak ayal, area parkir yang telah disediakan nampak dibanjiri para bikers penunggang moge yang ingin mendukung para pebalap kesayangannya.

Cuaca nampak cerah ketika kelas bergengsi akan dimulai, untuk kondisi seperti ini, para pebalap pengisi grid terdepan mengantisipasinya dengan pemakaian ban berkompon hard untuk bagian depan dan medium di belakang. Valentino Rossi berhak start dari urutan terdepan setelah mencatatkan waktu terbaik dalam babak kualifikasi, Vale punya rekor baik di Sirkuit ini dengan total 7 kali kemenangan, sementara itu Jorge Lorenzo menempati urutan start kedua, forquera juga handal di Jerez dengan catatan 3 kali kemenangan, disusul rekan senegaranya Marc Marquez di posisi ketiga.

Jerez punya tingkat kesulitan cukup tinggi, para pebalap harus pintar – pintar mengatur jarak pengereman karena tikungan disini dapat dilibas dengan kecepatan penuh. Dari tayangan ulang, Vale bahkan mampu melibas tikungan ke-2 dengan kecepatan 160 km/ jam. Di Sirkuit ini, para pebalap juga sering memeragakan gaya new school style cornering, perlu diketahui Bro en Sis dengan gaya tersebut para riders dapat keluar tikungan lebih mudah, cepet dan tajam karena ban motor bagian belakang sedikit bergeser (sliding).

Dari awal lomba Vale memang mendominasi jalannya balap. Lorenzo dan Marquez Nampak membuntuti di belakangnya, namun ketika pertengahan balap, The Doctor semakin menjauh, berikut juga Baby Alien yang tampak kehabisan ban untuk terus menempel Lorenzo di posisi kedua. Pebalap papan atas yang mengalami nasib kurang baik di race ini hanya Andrea Dovisiozo yang harus menyudahi balapnya di lap ke 7 karena kerusakan teknis pada mesin Desmosedici.

Vale akhirnya keluar sebagai juara, diikuti Jorge Lorenzo di posisi kedua, kemudian disusul Marc Marquez di peringkat ke-3, Dani Pedrosa ke-4 dan duo Suzuki Aleix Espargaro, Maverick Vinales di urutan ke 5 dan 6.

Berikut hasil Race MotoGP Jerez 2016 :

  1. Valentino Rossi | Movistar Yamaha : 45:28,834
  2. Jorge Lorenzo | Movistar Yamaha : +2.3
  3. Marc Marquez | Repsol Honda : +7.8
  4. Dani Pedrosa | Repsol Honda : +10.3
  5. Aleix Espargaro | Suzuki Ecstar : +14.1

4 COMMENTS