Foto: Dok. Peugeot Motorcycles
0
99

Peugeot XP400 Resmi Dipamerkan di EICMA

Pameran otomotif pada umumnya dijadikan saksi mata meluncurnya produk baru. Hal tersebut berlaku juga untuk EICMA 2022 di Milan, Italia. Salah satu produk baru yang diluncurkan adalah Peugeot XP400.

Skuter matik (skutik) bongsor ini dibicarakan oleh banyak orang. Sebab, dengan dimensi dan kapasitas mesinnya yang besar tersebut, skutik ini menjadi pesaing dekat Honda ADV 350.

Foto: Dok. Peugeot Motorcycles

Skutik adventure ini hadir dalam dua varian, yakni tipe Allure dan tipe GT. Untuk tipe Allure, mirip dengan versi standar yang ditujukan untuk kebutuhan on road. Sedangkan untuk tipe GT, dibekali dengan kemampuan yang ditingkatkan untuk trek off road.

Melihat desain bodinya, panel bodi Peugeot XP400 memiliki desain yang tajam. Desainnya kelihatan seperti terinspirasi dari Honda X-ADV. Lalu, beberapa bagian lainnya yang membuat skutik ini cukup ikonik adalah lampu depan ganda, windshield yang besar, pelindung tangan, hingga jok model step up.

Foto: Dok. Peugeot Motorcycles

Dari kedua tipe yang ditawarkan, ada beberapa perbedaan. Untuk tipe Allure, dibekali dengan pelek racing. Sementara tipe GT, mengandalkan pelek jari-jari. Sedangkan ukurannya, depan menggunakan 17 inci dan belakang 15 inci, serta masing-masing menggunakan ban berukuran 110/70 untuk depan dan 160/60 untuk belakang.

Sedangkan suspensinya, skutik petualang ini menggunakan suspensi model upside down dan monoshock yang dipasang secara horizontal di belakang.

Foto: Dok. Peugeot Motorcycles

Soal pengereman, Peugeot Motorcycles mengandalkan double disc brake berukuran 295 mm pada bagian depan. Sedangkan bagian belakang, rem cakramnya berukuran 240 mm. Sistem pengeremannya juga sudah dilengkapi dengan fitur Anti-lock Braking System (ABS) dual channel.

Tipe Allure ditawarkan dengan dua pilihan warna, yakni Aurora Satin Green dan Sideral Matt Black. Untuk tipe GT, ada dua pilihan warna juga, yakni Shark Grey dan Snow White.

Pada panel instrumennya, dilengkapi dengan layar TFT berukuran 5 inci dan sudah dilengkapi juga dengan navigasi. Lalu, untuk keamanannya didukung dengan teknologi keyless. Kemudian, terdapat juga soket pengisian daya USB, bagasi yang cukup besar, dan lain-lain.

Joknya juga panjang dan lebar, tipikal skutik gambot. Sehingga, memberikan kenyamanan untuk perjalanan jarak jauh.

Pada bagian dapur pacu, Peugeot XP400 mengandalkan mesin berkapasitas 400 cc yang dapat menghasilkan tenaga maksimal hingga 36 hp dan torsi maksimal mencapai 38 Nm.

Sayangnya, detail soal spesifikasi dan harganya baru akan diumumkan pada saat peluncuran resminya tahun depan.