Dok. Foto: Vespa
0
134

Vespa GTV 2023, Apa Saja Updatenya?

Diluncurkan pertama kali pada 2006, Vespa GTV telah memiliki ceruk pasar sendiri di hati pecinta Vespa Indonesia. Produsen asal Italia, Piaggio, belum lama ini juga sudah meluncurkan versi terbaru dari skutik ini, Vespa GTV 300 versi 2023.

Ada banyak update baru pada Vespa GTV 2023 yang diklaim makin canggih dan sporty. Untuk update yang paling mencolok pada dapur pacunya. Vespa GTV 2023 kini menggunakan mesin setara hampir 24 tenaga kuda!

Skuter ini memanfaatkan mesin 300 HPE silinder tunggal, berpendingin cairan, dan injeksi elektronik Piaggio. Sementara HPE yang disematkan pada namanya merupakan singkatan dari Mesin Performa Tinggi.

Mesin yang digunakan memiliki berkapasitas 278,3 cc, 4-tak, 1-silinder, dan 4-klep. Mesin ini sanggup menghasilkan tenaga maksimal 23 daya kuda (dk) pada 8,250 rpm dan torsi puncak 26 Nm pada 5.250 rpm.

Soal tampilannya, Vespa GTV 2023 tampil lebih sporty. Hal ini karena ada perbaikan mencolok di tampilan visualnya. Lampunya juga sudah menggunakan full LED. Termasuk lampu depan rendah atau ‘Faro Basso’ yang menjadi ciri khasnya.

Pada peleknya juga terdapat perubahan, meski tetap palang lima tapi kini modelnya cukup berbeda, cenderung mirip dengan Vespa Primavera. Di bagian windshield juga sudah menggunakan warna solid yang sesuai dengan tema warna motornya. Awalnya pada bagian tersebut menggunakan warna transparan.

Dok. Foto: Vespa

Yang menjadi keunggulan pada Vespa GTV 300 versi 2023 yakni penggunaan teknologi tinggi. Di antaranya pada port USB, instrumen LCD yang informatif, sistem kunci keyless, serta kompartemen penyimpanan yang luas.

Sektor keamanannya juga sudah ditingkatkan dengan kontrol traksi elektronik ASR, juga sistem pengereman anti-lock braking system (ABS) dua kanal pada depan dan belakang.

Hal lain yang nampak berbeda dari versi sebelumnya pada bagian buritan yang dibuat lebih kontras dari produk sebelumnya.

Sementara untuk pilihan warnanya sendiri ada dua dari Vespa GTV 300 versi 2023 yakni Beige Avvolgente dan Nero Convinto Black. Keduanya menggunakan aksen garis berwarna jingga sehingga tampilannya kian atraktif. Dua warna ini merupakan perpaduan dari sisi sporty dan klasik khas dari Vespa.

Sementara untuk harga versi globalnya, Vespa GTV 300 versi 2023 dibanderol 8.499 USD atau setara Rp128 jutaan. Kemungkinan akan lebih mahal jika di jual di Indonesia.