Dok. Foto: Rideapart.com
0
344

Hanya 10 Unit, Kawasaki Luncurkan Ninja ZX-10RR Edisi WSBK

Produsen motor asal Jepang, Kawasaki, baru saja merilis Ninja ZX-10RR WSBK Edition. Perilisan ini mengukuhkan Kawasaki atas keseriusannya di panggung WorldSBK.

Motor ini diproduksi terbatas untuk pasar Jerman. Kawasaki menyebut ZX-10RR dikembangkan oleh Kawasaki Racing Team yang memiliki basis di Friedrichsdorf, Jerman. Motor ini diklaim memiliki performa yang lebih apik dari versi standarnya.

Hanya diproduksi 10 buah, membuat ZX-10RR menjadi motor yang sangat eksklusif. Motor ini dibuat dengan inspirasi dari motor balap WSBK. ZX-10RR dilengkapi dengan sistem air intake tambahan yang dipasang di airbox. Pengendara bisa mengaktifkan system ini saat akan menggunakan Engine Control Unit (ECU).

Saat sistem ini diaktifkan maka servo akan mengangkat corong masuk saat mencapai RPM tinggi, memungkinkan aliran udara yang lebih besar ke ruang pembakaran.

Sementara di kecepatan rendah dan menengah, corong akan tetap berada pada posisi rendah agar dapat menghasilkan campuran bahan bakar dan udara yang optimal untuk pembakaran terbaik pada semua rentang kecepatan mesin.

Dok. Foto: Rideapart.com

Soal spesifikasi, Ninja ZX-10RR WSBK Edition mengusung mesin dengan kapasitas 998 cc 4-silinder segaris. Untuk fitur unggulan dari motor ini adalah peningkatan mesin oleh Pankl Racing Systems.

Jadi, piston ringan dan batang penghubung titanium, dengan kem balap, dan per. pegas katup yang dilapisi khusus, diklaim mampu membuat kemampuan dan daya tahan mesin jadi makin luar biasa.

Bukan cuma itu, bagian dalam mesinnya juga menggunakan pin piston berlapis (DLC), pegas katup ringan dan kuat, serta camshaft balap. Tak heran jika motor ini terasa begitu spesial dengan beragam kelebihannya.

Motor ini juga terbilang ringan karena Kawasaki sengaja menggunakan pelek satu set dengan bahan forged Marchesini yang sangat ringan. Sehingga Ninja ZX-10RR WSBK Edition makin leluasa bermanuver di jalanan dan mampu berjalan optimal layaknya motor balap.

Fitur menarik lainnya ialah, sistem hisap udara variabel yang terintegrasi di dalam kotak udara yang memberikan fleksibilitas tambahan. Sistem hisap udara ini bisa diaktifkan dengan unit kontrol mesin balap (ECU).

Sistem knalpotnya dirancang dengan variabel untuk meningkatkan udara ke ruang bakar saat kecepatan mesin tinggi, sambil mempertahankan efisiensi pembakaran pada kecepatan menengah.

Hanya dibuat 10, untuk menandainya Kawasaki memberikan nomor seri berbeda pada setiap Ninja ZX-10RR WSBK Edition di bagian tangkinya.

Untuk harga, tentu saja sespesial produknya, Ninja ZX-10RR dibanderol harga 3.145 euro atau sekitar Rp548,5 juta di Jerman, sudah termasuk pajak. Harga ini lebih mahal dari Ninja ZX-10RR versi reguler yakni senilai 29.995 euro atau setara Rp496,3 juta.