Foto: Returnofthecaferacers.com
0
322

Jenis Helm Retro Yang Asik Untuk Sunmori

Helm menjadi apparel penting bagi bikers, fungsinya tentu untuk melindungi bagian kepala dari benturan. Saat ini ada banyak jenis helm dan yang akan kita jabarkan jenis helm retro.

Helm retro adalah istilah yang digunakan untuk menyebut helm dengan tampilan klasik. Kesan klasik pada helm retro tercermin dari bentuknya yang bulat. Tentunya kalian sudah sering menemukan helm jenis retro.

Pengertian yang salah adalah helm retro sering disebut dengan helm bogo. Padahal, Bogo adalah merek visor helm yang sering digunakan untuk helm retro. Dalam memilih helm retro tentunya kalian juga harus menyesuaikan dengan motor yang akan digunakan dan patuhi aturan lalu lintas.

Seperti helm pada umumnya, helm retro terdiri dari beberapa jenis yaitu shorty, open face dan full face. Berikut penjelasannya:

Helm Retro Shorty

Foto: Made2race.com

Helm tipe shorty atau cetok tentunya melanggar aturan lalu lintas karena tidak SNI. Namun jika mengacu pada penampilan helm jenis ini pantas digunakan oleh pengguna motor besar bergaya cruiser dan juga pengguna motor vespa klasik. Pengguna helm cetok biasanya menggunakan slayer kain sebagai penutup sebagian wajah.

Helm Retro Open Face

Foto: Motorcyclist.eu

Jenis ini sering disebut dengan helm bogo seperti penjelasan di atas. Karena pembelian helm retro open face umumnya tidak mendapatkan visor. Maka dari itu visor dan pet dijual terpisah. Helm retro open face memiliki dua pilihan visor, yang pertama visor cembung dan visor flat. Pemilihan visor ini tentunya kembali pada selera masing masing rider.

Biasanya helm retro open face lebih banyak digemari. Selain nyaman digunakan, helm retro tipe ini juga lebih aman. Pasalnya, helm open face dapat menutupi seluruh bagi kepala kecuali wajah. Dengan begitu, sirkulasi udara tetap lancar saat mengenakan helm ini.

Helm Retro Full Face

Foto: 24helmets.de

Sangat direkomendasikan bagi para pengendara motor. Pasalnya jenis ini melindungi seluruh bagian kepala dari benturan. Helm retro jenis full face memang tidak memiliki ventilasi udara yang baik. Sirkulasi udara hanya ada pada bagian visor saja.

Oleh karena itu pengguna helm retro jenis full face akan merasa sumpek saat awal menggunakannya. Namun saat ini sudah banyak dari produk helm retro yang melengkapinya dengan ventilasi.

Dapat disimpulkan helm retro open face dan full face menjadi helm yang aman untuk digunakan saat sunmori. Namun pengertian asik digunakan tentunya kembali pada kenyamanan kalian saat menggunakannya.