0
1034

M. Fadli Berjuang di ARRC Dengan Ninja ZX-6R

GILAMOTOR.com, Jakarta. – Bergabungnya Mohamad Fadli dalam squad Kawasaki, diharapkan akan memberi kekuatan baru bagi tim balap Kawasaki untuk berjuang di Asia Road Racing Championship (ARRC) 2011. Seri perdana akan digelar pada 28 April mendatang di Sepang, Malaysia.

Dikatakan Kawasaki, dipilihnya Fadli masuk dalam barisan Kawasaki antara lain karena petimbangan talenta dan prestasi pebalap asal Cibinong, Bogor, kelahiran 26 tahun silam ini. Tahun lalu, Fadli pernah meraih podium Asian GP di Sentul dan Losail, Qatar.

Fadli yang baru mengenal karakter Kawasaki Ninja ZX-6R, sempat kesulitan di awal-awal latihan selama lima hari yang digelar di Sepang. Bahkan dirinya sempat mengalami kecelakaan yang cukup tragis pada hari pertama. Namun berkat latihan dan arahan dari tim, Fadli berhasil mengenal karakter ZX-6R lebih baik.

“Memasuki putaran ketiga di hari pertama latihan, saya sempat terpental karena terbawa emosi membuka gas saat memasuki tikungan di R5. Walhasil motor kehilangan traksi dan saya terpental termasuk motornya,” cerita Fadli saat peluncuran tim balap Kawasaki di Hotel Sultan, Jum’at (25/2).

Kecelakaan ini menjadi pelajaran Fadli sekaligus hikmah bagi tim manager dan kepala mekanik tim Kawasaki. “Kami tidak bisa menyalahkan siapa-siapa, dan kami semua turut prihatin. Meski begitu, kami tetap bertanggung jawab atas insiden ini,” ungkap tim mekanik dari prinsipal Kawasaki Motor Indonesia.

“Emosi Fadli masih terbawa pada karakter motor supersport sebelumnya. Kalau saja dia mau adaptasi selama tiga lap pertama, peristiwa naas itu tak akan terjadi,” kata tim manajer dari prinsipal KMI, MR Nomura.

Setelah kejadian itu, performa Fadli terus meningkat. Hari demi hari selama latihan yang digelar Kawasaki secara tertutup, kian terlihat peningkatan catatan waktu tempuh yang semakin cepat. Rata-rata peningkatan setiap harinya sampai satu detik.

“Saya banyak belajar dari tim dan rekan satu tim saya, Katsuaki Fujiwara,” kata Fadli. “Perbaikan catatan waktu yang saya raih 1 detik tiap harinya,” tambah Fadli.

Dalam sesi latihan ini, fokus tim dan pembalap adalah pada tiga komponen, sasis, suspensi dan ban.

Ikhawa rival terberat yang akan dihadapi pada supersport 600 cc mendatang, dikatakan Fadli, tim Thailand akan menjadi rival terberatnya. “Namun dalam balapan semua tim bisa jadi sangat sulit untuk ditaklukan,” tandas Fadli.

Penulis/Foto : Jay